Wednesday, August 22, 2012

LPI 2012/13 Jatim Siap Digelar

AppId is over the quota
Prof. Toho Cholik Mutohir - Tenaga Ahli Bidang & Pendidikan - Liga Pendidikan Indonesia 2009 ( GOAL.com / Dhedhe D. ) Menyambut musim 2012/13, Pengprov PSSI Jawa Timur (Jatim) merencanakan akan kembali menggulirkan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Provinsi Jatim. Bekerjasama dengan jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim, Pengprov PSSI Jatim akan menggelar turnamen ini di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pada 2 sampai 7 September 2012.

Pada turnamen kali ini, diperkirakan ada sebanyak 40 tim yang akan ikut ambil bagian. Dengan rincian, 20 tim berasal dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan selebihnya dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur.

Untuk technical meeting (TM) sendiri sudah dilaksanakan pada Selasa (14/8) lalu, bersamaan dengan agenda ‘buka puasa’ bersama jajaran manajemen dan pelatih tim-tim kontestan. Mereka berharap dan sepakat, dari turnamen ini nantinya akan lahir bintang-bintang baru dalam persepakbolaan Nasional.

"Dengan konsep kompetisi berjenjang, yang di mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, kami realistis tim Jawa Timur akan mampu berprestasi di tingkat Nasional," ungkap pelaksana harian Pengprov PSSI Jatim, Dr. Wardy Ashari Siagian, saat dikonfirmasi GOAL.com Indonesia.

Menurut rencana yang disepakati dalam TM tersebut, untuk juara LPI tingkat Jatim kali ini, akan mendapat hadiah pembinaan sebesar Rp50 juta. Selain itu, jumlah peserta sebanyak 40 tim, menjadi catatan tersendiri bagi pihak penyelenggara. Lantaran jumlah ini, adalah jumlah terbanyak selama turnamen sejak diresmikan pada 2009 silam.

Tak hanya hadiah uang pembinaan, namun sebanyak 40 tim kontestan tersebut juga akan memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur. Sebuah hal prestise tentunya, bagi sekolah yang mengikuti ajang kali ini.

Pada edisi sebelumnya atau LPI tahun 2011, SMPN 3 Kebomas-Gresik berhasil memboyong Piala Presiden dan membawa nama harum bagi Jatim. Kepastian didapat, setelah di babak final LPI tingkat Nasional yang dihelat di Stadion Jalak Harupat-Bandung, mereka berhasil menang atas wakil Jawa Tengah (Jateng), SMPN 4 Semarang.

Dalam laga puncak tersebut, SMPN 3 Kebomas berhasil menang tipis 2-1 atas SMPN 4 Semarang. Saat itu, dua gol kemenangan bagi wakil Gresik atau Jatim diborong oleh Dimas Praja pada menit ke-32 dan 42, dalam pertandingan yang digelar 2x30 menit tersebut. Padahal mereka tertinggal lebih dulu, usai penyerang SMPN 4 Semarang Dwi Nugraha sukses menyarangkan bola di menit ke-24.

Rupanya, hasil gemilang SMPN 3 Kebomas-Gresik inilah yang coba dipertahankan oleh Pengprov PSSI Jatim. Baik Dr. Wardy maupun jajaran pengurus Pengrov PSSI Jatim lainnya berharap, juara LPI tingkat Nasional tahun ini (musim 2012/13) juga akan diraih tim-tim perwakilan dari Jatim. (gk-43)

if (typeof hideMashLogic == 'undefined' || (!hideMashLogic)){ document.write(''); document.write(''); }

No comments:

Post a Comment